Tao Tsuchiya: “Ultraman adalah cahaya harapan yang membimbingku.”

Tao Tsuchiya, aktris populer berbakat yang mendapatkan dukungan dari banyak orang di seluruh dunia. Bagi penggemar Ultra, Tao dikenal sebagai pemeran putri Emerana dari planet Esmeralda di film layar lebar “Ultraman Zero: Revenge of Belial” (2010) dan pendukung resmi dari “Ultraman Festival 2017”. Tao juga merupakan penggemar berat dari seri Ultraman, sampai sekarang pun Tao sering datang ke acara Ultraman secara pribadi dan selalu update informasi mengenai Ultraman melalui blog dan Instagram nya.

Dalam rangka memperingati perilisan “Ultraman Zero Blu-ray BOX 10th Anniversary Edition”, Tsuburaya Productions melalui web resmi miliknya akhirnya merilis wawancara eksklusif bersama dengan Tao Tsuchiya (putri Emerana) mengenai peran dan pandangan nya tentang seri Ultraman. Dan berikut adalah terjemah dari wawancara tersebut.

Pertama-tama, tolong beri tahu kami perasaan anda tentang perayaan anniversary ke-10 Ultraman Zero.

Tao Tsuchiya: Sudah 10 tahun sejak saya berperan di film “Revenge of Belial”. Dan saya senang Zero tetap aktif selama 10 tahun setelah penayangan film tersebut, saya pikir itu luar biasa. Zero adalah seorang Ultraman yang memulai debutnya melalui media film tanpa serial TV, namun tetap mampu merebut hati para penggemar dengan karakternya yang unik. Di Ultra Festival, setiap tahun nya saya menyaksikan Zero berinteraksi langsung dengan para penggemar, dan saya merasa dia sangat populer dan dicintai. Saya pikir itu benar-benar sebuah hal yang luar biasa.

Tao Tsuchiya: Zero memiliki karakter yang belum pernah terlihat sebelumnya di Ultra Hero. Visual serta gaya bertarung milik nya pun semuanya menarik. Tapi, jika hanya boleh menyebutkan satu hal, saya pikir yang paling menarik adalah mengenai figur Zero yang terus bertumbuh selama melaksanakan tugas nya. Khususnya, saya sangat menyukai proses membangun persahabatan dengan teman-teman di Ultimate Force Zero. Saya belum pernah melihat Ultraman yang memiliki seorang pahlawan dari dunia lain sebagai pendamping, jadi saya bisa mengatakan “kamu tidak sendiri!” kepada Zero dari hati saya.

Tsuchiya-San apa ada hal yang paling diingat dari peran sebagi Emerana?

Tao Tsuchiya: Saya menyukai dan menonton serial Ultraman sejak saya masih kecil. Waktu itu audisi diadakan di kantor pusat Tsuburaya Productions, dan saya sangat bersemangat untuk mengatakan, “wow, saya di sini!” (Tertawa). Sejak saat itu, saya sangat tak sabar menunggu pemeran Emerana diumumkan, saya juga terus-menerus bertanya kepada manajer mengenai keputusan pemeran Emerana mulai dari bertanya, “Bagaimana kabarnya?” Dan “Bagaimana?” Karena itu, saya sangat senang ketika saya terpilih sebagai heroine. Itu adalah momen ketika mimpi saya menjadi kenyataan.

Lalu bagaimana perasaan ketika Tsuchiya-San memerankan Emerana yang merupakan seorang heroine?

Tao Tsuchiya: Heroine dari serial Ultraman, “Tiga,” “Dyna,” “Gaia,” dan “Cosmos” yang saya tonton sampai saat itu semuanya adalah manusia bumi, dan saya mendapat kesan bahwa mereka energik. Namun, ada beberapa juga yang berbeda, seperti Lisa Nanase dari film layar lebar “The Battle In Hyperspace” dan Camilla dari “Final Odyssey“.

Putri Emerana harus meninggalkan orang-orang dan keluarga nya di planet Esmeralda untuk melarikan diri, dan jauh di lubuk hatinya dia mencari bantuan dari seorang pahlawan. Saya berharap saya bisa menyampaikan itu, dan saya juga bekerja keras untuk mewujudkan nya. Oh ya, saya tidak bisa lupa bahwa saya mengecat rambut saya untuk pertama kalinya ketika berperan sebagai Emerana. Namun, mewarnai rambut merupakan hal yang dilarang di sekolah saya, jadi saya pergi ke sekolah dengan wig (tertawa). Itu juga merupakan kenangan yang sangat nostalgia.

Tolong ceritakan dua rekan bermain anda dalam film Revenge of Belial!

Tao Tsuchiya: Yu Koyanagi yang berperan sebagai Ran adalah orang yang selalu memberikan semangat di setiap adegan dan selama syuting aku sendiri mendapat banyak energi. Tatsuomi Hamada, yang berperan sebagai Nao berusia 10 tahun saat itu, dan saya masih menggendong, memeluk, dan bermain dengannya (tertawa). Dulu dia selalu iri pada Koyanagi-San dan berkata “aku juga ingin berubah menjadi Ultraman!”. Karena itu saya terkesan ketika dia membintangi “Ultraman Geed”, saat itu saya berkata “Tat-chan sudah menjadi Ultraman!”, ngomong-ngomong, saat itu aku dan Tat-chan masih remaja dan belum bisa minum alkohol, jadi kami membicarakan soal “seandainya aku bisa minum bersama saat dewasa”. Saya berharap suatu saat akan ada kesempatan seperti itu.

Zero dan Emerana punya hubungan yang mendebarkan?!

Tao Tsuchiya: Waktu memerankan putri Emerana di film Ultraman Zero: Revenge of Belial, sutradara saat itu mengatakan bahwa dia ingin membuat penonton berdebar melalui hubungan Zero dengan Putri Emerana (tertawa). Apalagi dalam film itu ada adegan dimana Zero memasang tiara untuk Emerana, adegan perpisahan itu membuat saya berdebar-debar, dan menurut saya itu menjadi adegan di mana anda bisa merasakan ikatan antara Zero dan Emerana.

Bagaimana perasaan anda ketika anda pertama kali melihat film yang sudah selesai?

Tao Tsuchiya: Saat itu, saya terlalu gugup ketika melihat preview-nya, jadi saya tidak ingat terlalu banyak (tertawa), tetapi ketika melihat bagian CG, menyatu dengan drama, dan skala karakter yang ada, saya berpikir bahwa hal-hal tersebut merupakan hal yang menarik dari sebuah karya Tokusatsu.

Selain itu, saya sangat terkejut dengan interaksi antara pengisi suara dan suit actor. Mamoru Miyano dan Hideyoshi Iwata membuat Zero hidup, selain itu semua orang di Ultimate Force Zero juga memiliki karakter yang luar biasa sehingga tercipta kombinasi luar biasa antara pengisi suara dengan suit actor.

Peran Emerana yang saya mainkan saat itu masih belum dewasa seperti saya sekarang, jadi saya merasa malu, tapi disatu sisi, saya bisa berdiri sebagai putri karena Sutradara Abe berhasil membangun karakter bagi Emerena dan juga pengisi suara serta suit actor yang juga mendukung proses pembangunan karakter tersebut. Karena itu saya bisa melihat Zero dengan sepenuh hati di adegan terakhir, dan saya sangat senang.

Bagaimana pendapat anda mengenai kembali nya Emerana di “Killer The Beatstar” yang juga menjadi penampilan terakhir dari Emerana di media film?

Tao Tsuchiya: Saya pikir orang-orang akan mengharapkan berbagai hal dari sebuah sekuel, jadi saya mencoba menyampaikan berbagai hal secara detail, terutama hubungan antara Emerana dengan Ultimate Force Zero.

Pada saat itu juga terjadi gempa bumi besar di Jepang Timur tempat dimana gambar karya ini diambil. Dalam keadaan saat itu, terjadi kebingungan dan konflik di lapangan, tetapi Direktur Abe berkata, “Kalau Tokusatsu ini berhasil, maka karya ini akan memberi keberanian dan energi bagi orang-orang yang mengalami kesulitan sekarang. Saya akan melakukan yang terbaik untuk menyampaikannya!”

Ada juga tema “saling membantu dan keistimewaan dari bertambahnya teman”, dan ada adegan di mana Jean Nine bergabung sebagai seorang teman baru, tetapi adegan untuk merubah Jean Nine dari Jean Killer adalah hal yang sulit. Itulah mengapa saya memutuskan untuk mengambil gambar dengan mindset bahwa etiap orang perlu untuk saling membantu. Emerana adalah seorang putri, tapi dia bukan orang yang lemah, dan di babak pertama, ada adegan di mana dia mencoba menghentikan Jean Bot yang kabur, dan dalam karya ini, saya bisa menunjukkan sisi yang kuat dari diri Emerana.

Sudah 10 tahun sejak Revenge of Belial ditayangkan. Bagaimana bayangan anda tentang sosok Emerana setelah semua kejadian itu berlalu? Interaksi seperti apa yang akan terjadi antara Emerana dan Zero sekarang?

Tao Tsuchiya: Sebenarnya kostum hari ini dipilih dengan gambaran Emerana 10 tahun pasca kejadian saat itu. Sepuluh tahun telah berlalu sejak saat itu, bagaimana jika planet Esmeralda dipengaruhi oleh budaya bumi? Alangkah baiknya jika kostum Emerana bisa dibuat sedikit lebih dewasa dan suasana Emerana yang sudah tumbuh dewasa bisa tersampaikan. Zero, yang saat ini berfoto bersamaku juga bukan seorang “siswa SMA” yang aku kenal saat itu (tertawa), sekarang dia memakai jubah dan menjadi master yang baik. Jika saya harus menjadi lawan main Zero lagi, saya berharap saya bisa bertemu lagi sebagai seorang ratu ketimbang seorang putri.

Apa pendapat anda mengenai 10th Anniversary Blu-Ray Box dari Ultraman Zero?

Tao Tsuchiya: Sejujurnya saya senang karena akan ada lebih banyak kesempatan untuk melihat aktivitas Zero dan lainnya. Saya selalu memberi tahu teman-teman saya dengan berkata, “saya benar-benar terkesan dengan seri Zero!”, Tapi kali ini, saya bisa merekomendasikan semuanya melalui Blu-Ray Box ini. “Kalian harus menonton ini!” aku bisa mengatakan itu sekarang (tertawa). Saya pasti akan merekomendasikan ini ke orang-orang di sekitar saya!

Apa arti Ultraman bagi anda?

Tao Tsuchiya: Sebagai seorang aktris, saya telah membuat berbagai karya, tetapi Emerana selalu menjadi “akar” saya dalam melakukan suatu peran. Ini sama dengan seri Ultraman, seri ini merupakan titik awal bagi saya, dan cahaya harapan yang membimbing saya setelah itu.

Tolong sampaikan hal yang ingin anda utarakan kepada para penggemar!

Tao Tsuchiya: Saya tumbuh besar dengan menonton Ultraman di TV sejak saya masih kecil, dan saya terkesan dengan acara Ultraman Festival setiap tahun nya. Ultraman memiliki tema yang sangat penting seperti rasa percaya pada teman. Ini bukan hanya hal yang indah, tetapi di Ultraman tema itu digambarkan dengan cara yang sangat menarik.

Saya ingin membawa pesona serial seperti itu ke lebih banyak orang, dan saya harap anda dapat membantu saya mewujudkan hal itu. Saya ingin terus mendukung seri Ultraman bersama para penggemar saya!

Sumber: Tsuburaya Imagination

Comments

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Masaki Nishina Ungkap Ryu Aihara Punya Aktor Berbeda: Ultraman Mebius Terpaksa Syuting Ulang

Next Post

Staf Ultraman Mebius Ungkap Bahwa 4 Anggota CREW GUYS Seharusnya Menjadi Ultra Brothers Di Episode Terakhir

Related Posts
EraSatsu ID