in , ,

Penulis Tokusatsu Legendaris Shozo Uehara Wafat

  •  
  • 713
  •  
  •  
  •  

Dunia Tokusatsu kembali kehilangan salah satu talentanya.

Shozo Uehara, penulis genre Tokusatsu legendaris wafat di usia 82 tahun dikarenakan penyakit Kanker Hati yang dideritanya. Lahir di perfektur Okinawa, Jepang, mendiang dikenal lewat tinta emasnya sebagai penulis utama di beberapa seri awal di waralaba Metal Heroes, Kamen Rider dan Super Sentai. Beberapa serial dari Super Sentai yang pernah ia pegang sebagai penulis utama yaitu Himitsu Sentai Gorenger, J.A.K.Q. Dengekitai, Battle Fever J, Denshi Sentai Denziman, Taiyou Sentai Sun Vulcan dan sebagai penulis pembantu di Chouriki Sentai Ohranger.

Untuk produksi Tsuburaya, mendiang pernah menulis seri Ultra Q, Ultraseven, Return of Ultraman, Ultraman Taro dan Ultraman Tiga.

Untuk genre Metal Heroes, mendiang menjadi penulis utama di Uchu Keiji Gavan, Uchu Keiji Sarivan, Uchu Keiji Shaider, Kyojuu Tokusou Juspion, Jikuu Senshi Spielvan, dan menjadi penulis pembantu di Blue Swat. Beberapa episode Kamen Rider Black dan film Kamen Rider J juga pernah ia tulis. Tidak lupa, ia juga bertanggung jawab sebagai penulis utama di serial kerjasama Toei dan Marvel, Spider-Man yang tayang di Jepang. Termasuk yang pernah ia tulis yaitu seri Zaboger, Robocon, Inazuman dan Detective Robo.

Gaya penulisan Mendiang Uehara yang terlihat di serial garapannya cenderung pada tema kekerasan baik diskriminasi dan juga perang. Karya penulisannya yang memegang peranan penting dalam sejarah awal beberapa waralaba Tokusatsu.

Selamat jalan, Shozo Uehara.

Sumber Berita: Yahoo Japan

Sumber Foto: Okinawa Times

Written by Lucky Ramadhan

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Ryusoulger vs Lupinranger va Patranger Telah Diumumkan

Novel Baru Ultraman Tiga & Ultraman Dyna